28 Oktober 2017

6 Tips Menghemat Pemakaian Data Internet

Era pemakaian Internet sudah menjadi kebutuhan bagi kita semua.  Seiring terjadi pergeseran dalam melakukan yang dulunya menggunakan panggilan suara kini beralih ke chating menggunakan aplikasi chating seperti WhatsApp , LINE, BBM dan sebagainya. Bahkan banyak juga yang berkomunikasi melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram. Kesemuanya telah beralih dari penggunaan pulsa telepon seluler menjadi pemakaian data Internet.


Maka tidak mengherankan era kini pabrikan ponsel banyak yang berlomba memproduksi ponsel Android murah untuk menjangkau semua lapisan masyarakat. Sehingga kini tidak mengherankan jika anak-anak sudah mahir memainkan hp. Sistem operasi Android kini juga mempermudah pembaca memainkan game online yang digemari dari anak-anak sampai orang tua, media sosial yang sekedar untuk chating dan update status seperti path, Facebook, Twitter, Line dan sebagainya. Ada media sosial yang dapat memposting dan membaca gambar dan video seperti Instagram dan YouTube. Kesemuanya memerlukan paket data Internet.


Bagaimana agar paket data kita dapat di hemat? Beginilah caranya, yaitu:


1. Hindari membuka konten berbentuk video di Facebook, Twitter, Instagram yang tidak kita perlukan karena konten video lebih banyak memakan paket data Internet dibandingkan konten gambar dan chating. Bukalah konten video bila benar-benar diperlukan. Dengan membuka konten video yang tidak perlu akan membuang paket data Internet secara sia-sia. Lebih baik digunakan untuk membuka konten lain yang lebih bermanfaat.


2. Matikan paket data ketika kita tidak memerlukan . Karena paket data harganya relatif mahal maka ada baiknya kita hemat pemakaiannya. Matikan data jika kita sedang tidak memerlukan seperti ketika sedang rapat, serius kerja atau ketika istirahat' tidur.


3. Memanfaatkan wifi perusahaan atau tempat nongkrong. Jika kita ingin mendownload file yang banyak maka memerlukan paket data yang banyak maka usahakan mencari tempat yang menyediakan fasilitas wifi sehingga dapat menghemat paket data kita. Misalnya Di kantor ada fasilitas wifi atau tempat makan atau nginap kita ada fasilitas wifi dapat kita manfaatkan. Cara ini cukup efektif menghemat paket data Internet kita.


4. Beli paket data sesuai waktu aktifitas kita. Jadi kita membeli paket data sesuai kebutuhan kita. Janganlah beli paket data contoh 5 Gigabyte (G) dimana 2 G untuk 24 jam dan 3 G untuk waktu jam 00.00 s.d  06.00  , data 3 G ini akan sia-sia jika kita tidak pernah menggunakan pada jam 00.00 s.d 06.00. Jadi sebaiknya Belu paket data yang berlaku 24 jam saja.


5. Hindari download file yang tidak perlu.  Mungkin kita pencinta lagu atau film. Biasanya file model beginian memerlukan download yang memakan banyak pulsa , maka download film atau lagu yang ingin ditonton saja, jangan semua file yang begitu penting didownload juga, sayang paket data akan cepat habis.


6. Jika memeriksa email maka bukalah yang penting saja, jika tidak penting langsung hapus saja jangan dibuka karena uni juga akan menghemat paket data kita.


Demikian Tips Menghemat Data Internet semoga berguna bagi sobat semua.

2 komentar:

  1. I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

    BalasHapus
  2. What you are spoken communication is totally true. i do know that everyone should say a similar factor, however I simply assume that you simply place it in an exceedingly method that everybody will perceive. i am positive you may reach such a lot of folks with what you've to mention.

    BalasHapus

 
Copyright © . FATAMORGANA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger