27 Mei 2015

Mampukah Jokowi Mewujudkan Jalan Trans Sumatera?



Menghadapi  pasar bebas ASEAN  maka Indonesia harus berbenah.  Karena negeri ini masih tertinggal dibandingkan dengan negeri tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Lambatnya pembangunan infrastruktur ditenggarai sebagai salah satu penyebabnya. Akibat masih buruknya infrastruktur ini maka negeri  tidak mampu membuka ketertinggalan daerah. Hanya pulau Jawa saja yang memiliki infrastruktur yang lumayan baik. Belum lagi pembangunan infrastruktur Indonesia  bagian timur yang seperti mati suri. Akibat buruknya infrastruktur ini membuat biaya logistik tinggi dan menjadikan harga barang-barang menjadi mahal.


Presiden terpilih Pemilu 2014 Jokowi kelihatannya menyadari kondisi tersebut. Beliau pun mencanangkan program kerja yang salah satu untuk mempercepat pembangunan infrastruktur. Program pembangun Jalan Trans Sumatera, Trans Sulawesi , Trans Kalimantan, Trans Jawa bahkan Papua pun tak luput dari perhatian Pemerintah. Langkah awal yang yaitu pembangunan tol Medan – Binjai untuk mengurai kemacetan kendaraan dari Medan ke Propinsi Nanggroe Aceh Darusalam (NAD) dan pembangunan tol Medan – Bandara Kualanamu. Nantinya diharapkan jalan tol akan menghubungkan semua propinsi di Sumatera yang pembangunannya bertahap. Jalan tol rencananya akan di bangun Pekanbaru-Dumai, Tanjung Api-Api. Jika pembangunan ini berlangsung lancar maka biaya logistik di pulau Sumatera diharapkan akan dapat di tekan.


Masalahnya adalah adakah biaya tersedia dan dari mana di dapatkan? Pemerintah kelihatan telah mendapat solusi dengan menggandeng sejumlah BUMN untuk ikut bermain di proyek jalan tol. Sejumlah BUMN di bidang konstruksi di ikut sertakan seperti Adhi Karya , bank BUMN juga disertakan dalam ikut membiayai proyek tol ini. Tetapi masalah pembebasan lahan juga biasanya menjadi masalah pelik. Pembebasan lahan sering mengakibatkan keterlambatan target selesainya proyek tol.  Tetapi kali ini Pemerintah juga mengikut sertakan BUMN perkebunan sehingga dapat meminimalkan pembebasan lahan masyarakat.


Dengan sejumlah target yang besar dan masalah yang menghadang , Mampukah Jokowi Mewujudkan Jalan Trans Sumatera?


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . FATAMORGANA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger